Darul Arqom #2

Sabtu, 9 April, Darul Arqom hari kedua di mulai pada pukul 08.00. Acara lanjutan darul arqom bersama SMP Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Malang. Dibuka dengan doa bersama serta lanjutan materi sebagai penguat materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah yang telah disampaikan hari sebelumnya.

Materi lanjutan tersebut bertema 'Upaya menjadi Ulul Albab Warga Muhammadiyah' yang disampaikan oleh Dr. Arifin, M.Si. Beliau menekankan bahwa sebagai pendidik yang baik guru serta karyawan yang bernaung di Perguruan Oro-oro Dowo harus pula menjadi seorang Ulul Albab, yang berarti bahwa mengantungkan segala sesuatu dengan akal pikiran bermasyarakat sesuai dengan Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup sebagai seorang Muhammadiyin.

Materi dibuka dengan diskusi tentang bagaimana cara berpikir dan menyampaikan pikiran sebagai pendidik agar apa yang disampaikan dalam kelas tidak hanya bersifat tekstual atau hanya memperhatikan apa-apa saja yang tertulis di buku, namun juga kontekstual dan aktual yang berarti segala hal yang disampaikan harus juga dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa-siswi. Dan ditutup dengan refleksi serta diskusi bersama antara pemateri dan guru serta karyawan yang hadir.

Materi kedua, di mulai pada pukul 10.00, dengan tema Ideologi Muhammadiyah. Materi yang disampaikan berupa sejarah bagaiamana Muhammadiyah terbentuk dan besar menjadi persyarikatan. Penegasan bagaimana laku sebagai seorang yang bernaung di pendidikan Muhammadiyah. Hal ini menguatkan kembali semangat serta mengingatkan kembali niat utama dari guru dan karyawan. Materi berlangsung selama satu jam dan ditutup dengan evaluasi serta harapan dari guru dan karyawan untuk acara darul arqom berikutnya.