Darul Arqom #1

Jum'at pagi, 8 April, Guru dan Karyawan Perguruan Oro-oro Dowo, yang terbagi menjadi SMP Muhammadiyah 1 Malang dan SMA Muhammadiyah 1 Malang, memiliki agenda Darul Arqom bersama. Acara yang biasanya dilakukan secara terpisah pada setiap ramadan, untuk pertama kalinya dilakukan secara bersama.

Acara dibuka pada pukul 08.00, oleh Dr. Abdul Madjid, M.A sebagai pembina Perguruan Oro-oro Dowo. Beliau menegaskan bahwa kegiatan Darul Arqom ini adalah pengingat bagaimana persyarikatan Muhammadiyah membentuk karakter siapapun yang bernaung dibawah persyarikatan Muhammadiyah. Selain itu acara ini dilakukan bersama sebagai penguat hubungan antara guru dan karyawan di SMP Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 1.

Setelah pembukaan selesai acara dilanjutkan dengan materi Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah yang disampaikan oleh Abdurrahim Sahid, S.Ag., M.Ag. Materinya berisikan penguatan keyakinan bagaimana tata cara hidup Muhammadiyah yang berpatokan pada hukum-hukum islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadist. Materi ini juga berisi tentang pandangan Muhammadiyah kedepan, bagaimana tata cara dan keinginan Muhammadiyah dalam membangun bangsa terutama dari bidang pendidikan.

Materi yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut ditutup dengan diskusi guru dan karyawan tentang pendidikan yang baik dan menjadikan SMP serta SMA semakin maju dan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang baik. Dalam sesi ini pula guru dan karyawan SMP Muhasa juga semakin tegas untuk mencetak calon pemimpin bangsa, sesuai dengan jargonnya 'Sekolahnya Calon Pemimpin'.