Workshop Kurikulum Operasional Sekolah

SMP Muhammadiyah 1 Malang (Muhasa) yang berslogan ‘Sekolahnya Calon Pemimpin’ terus berupaya memperbaiki diri dan bergerak untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang lebih baik lagi. Beriringan dengan itu, pada Rabu (23/3), SMP Muhasa mengikuti workshop tentang ‘Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) untuk Menerapkan Kurikulum Merdeka’ yang diadakan oleh MKKS SMP Swasta Kota Malang Korwil I.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 16 SMP Swasta yang tergabung di Korwil I. Workshop yang dimulai pada pukul 8.00 dan berakhir pada pukul 12.00 ini diisi oleh Dyne Rizki P., M.Pd, Gr. selaku pelatih ahli Program Sekolah Penggerak (PSP).

Workshop ini ditujukan untuk mempersiapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun 2024 nanti. Di mana pembelajaran di sekolah semuanya berfokus pada siswa. Tidak ada standart nilai yang ditentukan sehingga kelayakan siswa dilihat dari proses selama pembelajaran dan penyerapan materi. Hal ini tentu saja mendukung perwujudan slogan Muhasa yang ingin menciptakan pemimpin masa depan. Calon pemimpin masa depan memang harus terlatih dalam segala situasi, tidak menilai seseorang atau sebuah kegiatan hanya dari nilai dan angka-angka melainkan dari proses yang telah dibuat.

Dari workshop ini pula nantinya Kurikulum Merdeka di Muhasa akan melakukan assessment atau pendataan awal siswa, sebagai upaya memaksimalkan proses belajar siswa melalui karakteristik cara belajar masing-masing siswa.

Pendataan awal itu nantinya siswa akan belajar dengan berbagai cara untuk mengembangkan olah pikir masing-masing siswa. Selain itu Muhasa juga tetap berkomitmen untuk mengedepankan akhlak mulia, sehingga dalam pembelajarannya kelak tidak hanya melihat proses olah pikir dan berkembangnya kemampuan siswa, namun juga melihat serta menuntun siswa untuk memiliki akhlak yang baik. Untuk mendukung Kurikulum Merdeka tersebut Muhasa juga terus berbenah untuk menyiapkan sarana dan prasarana sebagai penunjuang pembelajaran.

Workshop yang diakhiri pada pukul 12.00 WIB ini membuat Muhasa semakin mantap untuk menjadi Sekolahnya Calon Pemimpin sebagai karakteristiknya. Pembelajaran yang berfokus pada siswa, penambahkan pelajaran kokulikuler sebagai penguatan, pengayaan dan pendalam materi serta ekstrakulikuler yang berkembang mengikuti zaman, membuat Muhasa yakin bahwa lulusannya nanti akan menjadi calon pemimpin yang tidak hanya unggul namun juga berakhlak.