Pemilihan Ketua IPM Muhasa

Senin, 28 Maret, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Malang (Muhasa) melakukan pemilihan ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) untuk periode tahun 2022. Acara tersebut dimulai pukul 10.00, dibuka dengan sambutan serta aturan pemilihan yang disampaikan oleh Raihan Rahman selaku ketua IPM Muhasa periode sebelumnya.

Setelah peraturan yang dibacakan oleh Ketua IPM Muhasa periode sebelumnya, siswa-siswi dikenalkan dengan 5 kandidat calon ketua. Masing-masing menyampaikan visi dan misinya. Acara yang diadakan di Masjid Kh. M. Bedjo Dermalaksono ini berlangsung cukup khidmat. Siswa dan siswi antusias mendengarkan visi apa yang akan dibawa oleh masing-masing kandidat. Serta bagaimana mereka mencapai visi itu, melalui beberapa misi yang mereka sampaikan.

Pemilihannya pun sangat terbuka, tidak hanya siswa yang memiliki hak suara, namun juga para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Muhasa. Masing-masing pemilih bisa memilih maksimal 3 nama dari 5 kandidat yang telah mengajukan diri menjadi ketua. 3 nama dengan perolehan suara paling banyak akan menjadi ketua, sekertaris dan bendara, diurutkan dari perolehan suara terbanyak.

Dari kegiatan ini, pendidik Muhasa memberikan kebebasan serta menjadi pengawas bagaimana siswa-siswi Muhasa belajar untuk berdemokrasi. Pemilihan yang terbuka, adil, dan jujur. Serta sebagai salah satu contoh nyata bagaimana Muhasa mencetak pemimpin masa depan sesuai dengan slogannya, ‘Sekolahnya Calon Pemimpin.’